Cara Membuat Slime Dengan Aneka Bahan

Cara Membuat Slime sangat menyenangkan , Slime adalah mainan yang terbuat dari pencampuran lem (PVC dan PVA) dengan cairan borax.

Slime, bahkan sudah tidak asing terdengar di telinga kita, merupakan salah satu daftar nama mainan anak yang mempunyai bentuk yang unik dan sangat disukai oleh anak-anak.

Dari keunikan bentuk dan teksturnya, yang kenyal dan agak lengket ditambah lagi dengan aneka pilihan warna.

Anak-anak menyukai slime karena keunikan bentuknya yang membuatnya merasa gemas ketika memainkannya. Terlihat basah tetapi setelah dipegang ternyata kenyal seperti jelly.

Apa Itu Slime Dan Cara Membuatnya

cara membuat slime

Dalam bahasa Inggris Slime memiliki arti sebagai Lendir.

Slime merupakan campuran yang menghasilkan cairan kental pekat dan sedikit agak lengket yang teksturnya seperti jelly dan bahkan kadang seperti lendir, ya memang artinya lendir, terlihat menjijikan.

Tetapi jangan salah, meskipun terlihat menjijikan tetapi ini merupakan mainan anak yang mengasyikan.

Slime pertama kali dipelajari awal abad 20 saat ilmu polimer sintetis ditetapkan, slime sendiri sudah lama dipelajari dan ditemukan oleh ilmuwan.

Penerapan polimer sintetis sudah banyak kita lihat seperti Lem pipa peralon (PVC), Polietena (Kantong plastik), nilon (tekstil), Teflon (wajan), polyester (ban mobil) dan masih banyak lagi.

Apa Kegunaan Slime

Slime banyak jumpai dan mudah ditemukan di toko mainan anak.

Dengan harga dan bentuk yang bervariasi.

Tergantung dari bahan pembuatannya serta warnanya.

Slime juga aman bagi anak-anak

apa sih kegunaan slime ini?

Dilihat dari bentuk dan teksturnya slime yang sangat bermanfaat dan sering digunakan untuk membersihkan kotoran pada sela kaca atau keyboard laptop dan komputer, tekstur slime yang lengket dan lembut membuatnya dengan mudah bisa mengangkat kotoran yang ada pada celah barang atau benda yang mungkin tidak bisa terjangkau..

Manfaat Slime Bagi Anak

Walaupun sebenarnya dalam hal kegunaan Slime untuk alat membersihkan pada daerah sempit yg tak bisa dijangkau, Slime juga mempunyai manfaat untuk anak-anak, seperti bisa Sebagai sarana penghilang stress dan jenuh, sebagai penyalur emosi anak, melatih motorik halus pada anak, membuat anak lebih kreatif, membuat anak menjadi bahagia, alat untuk meningkatkan konsentrasi, membuat anak berpikir kreatif.

Slime ini selain bermanfaat untuk anak, ternyata untuk orang dewasa pun juga ada manfaatnya, antara lain sebagai penghilang penat dan stress, karena dengan bentuk yang unik dan lucu menggemaskan, dengan meremas dan menekannya dapat membuat orang tertawa dengan wujudnya yang unik.

  • Sebagai Sarana penghilang stress dan jenuh

Saat pertama melihat slime dengan wujudnya yang berada di dalam tempatnya yang kurang menarik kelihatannya, tetapi setelah mengeluarkannya dari wadahnya, slime ini sangat menyenangkan ketika disentuh, pikiran yang tadinya stress dan jenuh seakan-akan hilang dengan sendirinya, karemna kita seperti terheran heran dengan benda unik ini.

  • Mainan Penyalur Emosi

Melihat tekstur dan bahan yang ketika dipegang terasa kenyal, saat emosi meledak-ledakpun, slime juga bisa dijadikan tempat penyalur emosi, diremas sekeras apapun tidak akan mudah hancur, dipukul pun akan hanya akan terasa lunak, bahkan lambat laun emosi pun akan reda bahkan kita bisa tertawa ketika sadar kalau slime ini lucu dan unik.

  • Melatih Motorik anak

Selain sebagai mainan yang menyenangkan slime juga dapat membantu melatih motorik halus anak, Saat mainan ini cukup dikenal oleh anak-anak, banyak orang tua terbesit di pikirannya untuk membuat slime sendiri di rumah, bahkan sesuai selera yang diinginkan oleh anak-anak seperti warna yang variatif dan juga kekenyalan yang diinginkan.

  • Membuat hati Anak bahagia

Ketika anak mengenal permainan baru sangat membuat hatinya senang, tentunya ketika bermain slime ini anak mulai merasa harinya menyenagkan, karena hal baru yang dia dapat di permainan ini. Bermain slime ini juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormone endorfn. Dimana hormon endorfin ini dapat membuat hati anak menjadi lebih bahagia.Tentunya hal ini sangat baik untuk perkembangan psikologis anak.

  • Sarana Meningkatkan konsentrasi

Saat bermain slime ini anak-anak akan menggunakan imajinasi dan pikirannya. Karena mereka akan berfikir mainan slime ini akan dia ubah menjadi apa, karena saking seriusnya maka anak akan berkonsentrasi penuh untuk memikirkan bentuk apa yang akan dia buat, karena bahannya yang mudah dimainkan.

  • Meningkatkan Kreatifitas anak

Memainkan slime ini melatih anak untuk berkreasi, seperti halnya anak menginginkan membuat slim sendiri dengan warna yang dipadukan, akan menjadi warna apa setelah banyak warna dicampur menjadi satu. Anak juga akan berfikir untuk membuat mainan baru yang lebih unik lagi selain mainan slime ini nanti.

Bagaimana Cara Membuat Slime

Dengan mudahnya mencari dan membeli slime di toko maninan, terkadang membuat seseorang ingin membuat slime sendiri di rumah.

Seakan terasa seru bila bisa membuatnya sendiri sesuai selera dan kesukaan, mulai dari ukuran, jumlah, bahkan warnanya. Ditambah nanti ketika kita membuatnya bersama buat hati kita.

Apalagi bahan-bahan untuk membuat slime ini sangat mudah dicari di sekitar kita.

Ternyata membuat slime ini tidak sesulit yang kita bayangkan, bahkan bahan utama nya sangat mudah kita dapatkan, membuat slime sendiri di rumah pasti sangat mengasyikan, selain kita bisa berkreasi dengan warna, kita juga bisa bereksperimen dengan bahan-bahan

Bahan-bahannya pun juga sangat mudah diperoleh dan bahan-bahannya pun sangat bervariasi. Seperti :

  • Lem fox
  • Lem Povinal
  • Tepung Kanji
  • Sabun Cuci Piring Cair
  • Shampo
  • Deterjen/Rinso
  • Bedak Bayi

Slime-slime unik lainnya juga bisa kita buat, seperti

  • Galaxy Slime
  • Slime Glow In The Dark

Sebelum kita beranjak pada langkah-langkah pembuatan slime, terlebih dahulu kami akan membahas tentang apa itu slim activator yang merupakan bahan yang paling berperan penting dalam membuat slime.

Slime Aktivator atau yang sering disingkat dengan Slime Act itu merupakan komponen bahan dasar pembuatan slime yang mempunyai peran sebagai pengenyal dan pengental dalam campuran pembuatan slime.

Bahan pengental dan pengenyal ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita.

Pernahkah mendengar Borax?

Iya zat ini lah yang biasanya di pakai untuk mengawetkan mayat, karena senyawanya yang bersifat mengenyalkan dan mengentalkan. Maka bahan Borax Glyserin inilah yang akan menjadi campuran slime activator.

Pembuatan slime activator bisa menggunakan dua bahan yang sangat mudah kita dapatkan di apotek.

Yaitu GOM (obat sariawan), Mengapa memakai GOM? Karena GOM ini yang mengandung Borax Glyserin paling tinggi.

Ada juga produk lain yang kadar borax nya tinggi, yaitu obat tetes mata. Dan kita bisa memilih diantara keduanya.

Berikut adalah cara membuat slime activator dengan menggunakan GOM (Obat Sariawan)

Alat dan Bahan

  • Gom/Borak (bubuk)/ Insto (ukuran kecil)
  • Wadah
  • Air hangat menyesuaikan bahan
  • Pengaduk

Cara Membuat Slime Activator

  1. Tuang air setengah gelas (100 ml) ke dalam botol;
  2. Masukkan Gom/Borax Glycerine ke dalam botol;
  3. Kocok hingga merata.

Disini GOM perlu ditambah air, karena kandungan Borax dalam GOM masih sangatlah kuat, dan supaya akan menjadi lebih encer dan Jika terlalu banyak slime activator, maka Slime tidak akan menjadi kenyal melainkan akan berkurang kekenyalannya.

Setelah kita selesai membuat Slime Aktivator, barulah kita akan memulai membuat slime. Mari kita siapkan bahan dan alatnya.

Nah yang pertama kita akan membuat Slime dari Lem Fox

Cara Membuat Slime Dari Lem Fox

Dari kekentalannya dan kelengketannya Lem FOX ini sangat bagus untuk dipakai sebagai bahan pembuatan slime.

Bahan dan alat yang harus disiapkan:

  1. Lem Fox
  2. Aktivator Slime
  3. Sabun Cair
  4. Pewarna makanan
  5. Body Lotion atau Baby oil (supaya slime tidak lengket di tangan)

Cara membuat Slime dari Lem Fox :

  1. Masukkan lem fox secukupnya ke dalam baskom  (apa saja wadahnya),
  2. Tambahkan sedikit air dan pewarna apa saja sesuai keinginan, kemudian aduk sampai merata;
  3. Masukkan slime activator aduk perlahan sampai lem fox agak sedikit encer;
  4. Tambahkan sabun cair sesuai takaran slime yang telah dibuat. Secukupnya.
  5. Jika kurang kental bisa tambahkan sabun dan slim activator.
  6. Supaya tidak lengket teteskan body lotion atau baby oil.
  7. Biarkan sebentar, dan slime sudah jadi
  8. Selanjutnya kita akan membuat Slime dari Lem Povinal

Cara Membuat Slime Dari Lem Povinal

Lem povinal ini sangat bagus digunakan sebagai bahan slime, dari warnanya yang bening dan sifatnya yang sangat lengket, akan membuat slime povinal ini semakin kenyal dengan ditambahkan dengan campuran borax sebagai Slime activatornya.

Bahan dan alat yang harus disiapkan:

  1. Lem Povinal
  2. Slime Activator
  3. Sabun Mandi Cair
  4. Pewarna makanan
  5. Baby Oil

Cara Membuat Slime dari Lem Povinal/UHU

  1. Masukkan lem Povinal ke dalam baskom (apa saja wadahnya) ;
  2. Tambahkan Slime Activator ke dalam lem Povinal sampai  aduk sampe merata
  3. Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai keinginan;
  4. Aduk lagi sampai warna slime merata;
  5. Berikan sedikit Baby Oil agar adonan tidak lengket;
  6. Diamkan adonan beberapa saat, dan proses membuat slime selesai;

Selain dibuat dengan bahan dasar lem, slime juga bisa dibuat dari bahan tepung kanji

Cara Membuat Slime Dari Tepung Kanji

Sempat Heran kenapa tepung kanji bisa digunakan dalam pembuatan slime, karena tepung kanji sendiri ketika dilarutkan ke dalam air, akan berubah sifatnya yaitu akan menjadi kental, bahkan lengket, dan tak jarang bahwa tepung kanji ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Lem kertas.

Bahan dan alat yang harus disiapkan:

  1. 400 ml air bersih;
  2. 2 gelas tepung kanji;
  3. 2 sendok teh pewarna makanan (Warna sesuai selera);
  4. 150gr minyak goreng.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

  1. Siapkan baskom untuk wadah mengolah bahan (wadah bisa apa saja).
  2. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah.
  3. Tuangkan air bersih perlahan-lahan dan aduk agar tepung tidak menggumpal.
  4. Tambahkan minyak goreng ke dalam adonan. Aduk sampai merata dan jika kurang encer, bisa tambahkan lagi minyak gorengnya.
  5. Kemudian Campurkan pewarna makanan ke dalam adonan slime aduk sampai rata.
  6. Diamkan sebentar slime tepung kanji sudah jadi.

Cara Membuat Slime Dari Sabun Cuci Piring Cair

Bahan slime lain yang mudah dicari di rumah itu antara lain sabun cuci piring cair, dimana sabun ini sangat kental.

Bahan dan Alat yang harus disiapkan :

  1. Sabun cair (Sunlight/Mama Lemon)
  2. Shampo
  3. Pewarna makanan
  4. Baby oil
  5. Sendok Plastik
  6. Baskom / wadah

Cara Membuat Slime dari Sabun cuci piring cair

  1. Tuangkan Sabun Cuci Piring cair dan shampoo ke dalam wadah, kira-kira perbandingannya 2 : 1 ;
  2. Tambahkan slime activator tanpa diencerkan dengan air;
  3. Aduk perlahan hingga adonan merata;
  4. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera;
  5. Masukkan adonan slime ke dalam freezer sekitar 10 menit;
  6. Tambahkan sedikit baby oil agar tidak lengket;

Cara Membuat Slime Dari  Deterjen Cair

Selain sabun pencuci piring cair, ternyata deterjen cair pun juga bisa digunakan untuk membuat slime. Berikut cara membuatnya.

Bahan dan alat yang harus disiapkan :

  1. Air
  2. Deterjen Cair
  3. Lem fox / lempovinal
  4. Pewarna makanan
  5. Pengaduk
  6. Baskom/wadah

Cara Membuat Slime dari Deterjen Cair

  1. Masukkan deterjen ke dalam wadah yang sudah disiapkan;
  2. Masukkan lem fox atau lem povinal, aduk keduanya sampai mengental;
  3. Kemudan campurkan pewarna makanan secukupnya sesuai selera;
  4. Aduk hingga campuran adonan lem dan pewarna tercampur dengan sempurna;
  5. Setelah adonan tercampur secara merata, rendam dan diamkan dalam air sekitar 2 sampai 3 menit
  6. Angkat kemudian aduk lagi sampai mengental
  7. Dan Slime dari deterjen cair sudah jadi.

Cara Membuat Slime Dari Bedak Bayi

Jangan heran ketika mendengar bedak bayi bisa digunakan sebagai bahan dasar  pembuatan slime. Ada keunikan lagi dari bahan dasar slime lainnya, seperti Bedak bayi, mungkin hampir sama dengan tepung kanji, penasaran inilah caranya.

Bahan  dan alat yang harus disiapkan:

  1. 1 botol bedak bayi
  2. Air secukupnya
  3. 4 sdm baby oil;
  4. Pewarna makanan
  5. Alat Aduk
  6. Baskom/Wadah

Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi

  1. Masukkan bedak bayi ke dalam baskom atau wadah.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk
  3. Tambahkan baby oil ke dalam adonan. Aduk hingga merata.
  4. Jika terlalu encer sebaliknya tambahkan bedak bayi nya lag dan tambahkan air jika adonan terlalu kental
  5. Kemudian masukkan pewarna makanan ke dalam adonan, lalu aduk hingga merata.
  6. Diamkan adonan beberapa menit sebelum digunakan

Cara Membuat Galaxy Slime

Galaxy, mengingatkan kita pada ruang angkasa yang penuh dengan gugusan bintang yang gemerlap ketika dilihat pada malam hari. Sering disebut galaxy slime karena warnanya ketika dilihat seperti kerlap kerlip bintang ruang angkasa.

Bahan dan alat yang harus disiapkan :

  1. 3 lem cair ukuran 120 ml
  2. Air bersih 100 ml
  3. Pewarna makanan (warna biru tua, hitam, pink, ungu)
  4. Glitter powder/ bubuk glitter ( warna silver)
  5. Glitter
  6. Boraks
  7. 3 mangkok ukuran sedang
  8. Gelas
  9. Pengaduk

Cara membuat Galaxy Slime :

  1. Tuangkan tiga botol lem cair ke dalam tiga wadah berbeda.
  2. Tuangkan air ke dalam wadah cairan lem tadi.
  3. Masukan pewarna makanan biru tua ke dalam wadah yang pertama. Kemudian teteskan pewarna makanan yang hitam ke dalam wadah tersebut.
  4. Masukkan/Teteskan pewarna makanan ungu ke dalam mangkok yang kedua.
  5. Masukkan/Teteskan juga mangkuk ke tiga dengan pewarna makanan pink.
  6. Kemudian taburkan glitter powder ke dalam tiga mangkuk tersebut.
  7. Taburkan juga glitternya aduk hingga semua bahan tercampur semua.
  8. masukan boraks ke dalam gelas dan kasih air panas (500ml), lalu aduk dan dinginkan.
  9. Setelah dingin, isi masing-masing wadah yang berisi bahan slime dengan air borax tersebut.
  10. Step terakhir, aduk campuran tersebut kurang lebih satu menit hingga kental.

          Untuk menjaga keawetan slime, taruh slime ke dalam wadah yang tertutup.

Cara Membuat Slime Glow In The Dark

Apa sih Slime glow in the dark itu? Slime glow in the dark berarti slime yang bercahaya di tempat gelap. Cara pembuatannya hamper sama seperti slime yang lainnya, hanya saja ditambahkan dengan cat glow in the dark atau Glowing Stick yang banyak dijual di toko Alat Tulis. Untuk Slime Glow In the dark, sebaiknya menggunakan bahan dasar lem povinal agar hasilnya transparan dan bagus

Slime Glow in The dark ini sangat menyenangkan ketika dimainkan di tempat yang gelap. Karena dia seolah-olah akan bercahaya.

Berikut adalah cara membuat slime glow in the dark

Bahan :

  1. lem povinal
  2. Aktivator Slime
  3. Glitter powder warna apa saja
  4. Pewarna makanan
  5. Baby oil/body lotion (agar slime tidak lengket di tangan)

Cara Pembuatan slime Glow in the Dark

  1. Masukkan lem povinal ke dalam wadah plastik;
  2. Masukkan slime activator sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan;
  3. Jika sudah mengental, tambahkan cat glow in the dark atau cairan yang ada di dalam glowing stick;
  4. Jika perlu tambahkan pewarna makanan sesuai selera warna yang diinginkan;
  5. Jika kekenyalan slime sudah pas, teteskan baby oil secukupnya ke dalam slime agar slime menjadi tidak lengket;

Taruh slime di tempat yang terkena cahaya matahari Jika cahaya dari slime mulai memudar. Tak usah terlalu lama, supaya slime dapat kembali bercahaya di tempat yang gelap.

Cara Membuat Slime Dari Marshmallow

Pasti bertanya tanya mengapa dinamakan dengan Istilah marshmallow dikarenakan slime yang akan kita buat ini nanti bertekstur lembut dan berwarna putih pekat seperti marshmallow. 

Alat dan bahan

  1. Mangkuk/wadah dan spatula/sendok buat ngaduk
  2. Sabun/shampoo bayi cair
  3. Body lotion merek apa saja
  4. Sabun muka alias facial foam
  5. Bedak bayi
  6. Sabun cair merek apa aja bisa
  7. Bisa menggunakan Lem Povina merek lain asalkan jangan memakai lem alteco, karena lem aleco ini lebih keras bahannya, dan tidak cocok digunakan sebagai bahan membuat slime.
  8. Slime activator, bisa diganti GOM, obat sariawan yang banyak tersedia di apotek terdekat, kalau gak ada pakai Insto juga bisa kombinasikan dengan sabun cair

Cara membuat marshmallow slime

  1. Masukkan lem ke dalam wadah.
  2. Campurkan bahan seperti body lotion, sabun cuci muka, sabun bayi, sabun cair dan bedak, masing-masing sedikit saja.
  3. Aduk bahan tersebut dengan lem tadi sampai tercampur
  4. Tambahkan slime activator secukupnya.
  5. Aduk terus sampai adonan menggumpal. Bila terasa terlalu lengket bisa ditambahkan lagi dengan baby oil.
  6. Slime marshmallow sudah jadi siap dijadikan mainan.

Sangat mudah kan? Kita bisa mencobanya bersama buah hati tercinta. Saya sarankan membuat yang slime marshmallow ya karena tekstur lebih lembut dan lebih melar daripada slime pada umumnya.

Banyak sekali sekarang tutorial pembuatan slime di youtube dengan beraneka macam jenis bahan dan warna serta tingkat kreatifitas. Serta di web web slime lainnya.

Semua produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya dengan slime ini, selain banyak manfaat untuk psikologis anak ternyata juga ada efek yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan juga.

cara membuat slime

Kekurangan Slime

Selain slime mempunyai manfaat psikologi untuk anak, ternyata slime juga punya kekurangan, diantaranya adalah ketika kita bermain dengan slime ini, tanpa sengaja terjatuh atau menempel pada pakaian, maka warna dari slime tersebut tidak bisa hilang ketika kita bersihkan, karena sifatnya yang lengket seperti lendir, maka slime ini sangat menyebalkan ketika menempel di pakaian.

Slime ini juga mempunyai efek bahaya bagi kulit, karena kandungan berbagai senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan dasarnya, seperti borax yang mempunyai efek panas di kulit.

Dapat menyebabkan iritasi pada tangan. Bukan hanya iritasi ringan tetapi dapat juga menyebabkan tangan menjadi luka, seperti terkena luka bakar,yang mengakibatkan tangan bisa melepuh.

Dan merupakan bahan yang tidak ramah terhadap anak maupun orang dewasa sekalipun

Disini sumber panas itu adalah tangan. Maka disarankan setelah selesai bermain dengan slime ini sebaiknya segera cuci tangan, untuk mengantisipasi terjadinya iritasi pada tangan.

Selain dapat terjadi iritasi ringan di kulit dan luka bakar, bahaya borax ini bisa tanpa sengaja dapat masuk ke tubuh melalui pernapasan, pencernaan dan melalui indera peraba atau kulit.

Selalu awasi anak anda di rumah ketika sedang memainkan slime ini, karena bentuk dan tekstur slime ini yang kenyal membuat anak gemas ingin memakannya.

Karena tak bisa terbayangkan apabila anak mulai memasukan slime ini ke dalam mulutnya kemudian mengunyah sampai menelannya serta saat menciumnya, bisa dipastikan senyawa borax yang menjadi racun akan masuk ke dalam peredaran darah anak tersebut, yang nanti akan mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah, menyebabkan gangguan otak kerusakan ginjal dan organ penting lainnya.

Untuk mengantisipasinya, slime akan lebih aman ketika dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan kimia yang aman dan kita bisa mengajak buah hati kita untuk berkreasi dalam membuat slime ini, dari campuran warna yang diinginkan, dari tingkat kekenyalannya, dari tingkat kebeningan slime nya, dan masih banyak lagi, juga bisa melatih motoric halus mereka.

Seandainya terdapat efek buruk yang ditimbulkan pada slime ini, sebaiknya orang tua selalu mengawasi dan tidak hanya melarang menggunakan slime sebagai alat bermain, tetapi orang tua wajib memberikan sarana atau alternatif permainan lain yang aman bagi anak dan memiliki manfaat yang serupa.

Dengan adanya slime ini maka ada manfaat dan tidak manfaatnya dan semua produk pastilah memiliki plus minusnya, entah dari kualitas dan dari sisi kesehatan.

Mari bersama-sama bersikap bijak dalam mengikuti tren yang saat ini sedang berkembang di tengah – tengah kita, mari kita jadikan media permainan anak yang bisa bermanfaat sekaligus aman bagi buah hati kita.

Dan jangan lupa tetap nomor satukan buah hati kita dengan penuh kasih sayang.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Slime Dengan Aneka Bahan”

Tinggalkan komentar